CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, April 9

Kakiku Bolong #1

Teman-teman, kali ini saya mau cerita kenapa kakiku bisa bolong. Mau tau ceritanya? baca yang di bawah ini ya :)
Tepat kronologisnya adalah sekitar jam 3.30 tanggal 2 Maret 2011. 
Pas pulang tambahan pelajaran Biologi, aku sama Fany ke kantin bareng temen-temen lainnya. Aku beli minum. Eh nggak terasa udah jam tiga lebih lima belas, dan tiba-tiba gerimis. Duh! Mana tadi tasnya tak taruh luar. :No ayo kita selamatkan tas kita. Tasnnya kan di luar, nanti ndak basah: kataku "iya" jawab Fano.
Pas jalan ke kelas, ketemu Disa yang habis dari kamar mandi. "Lho! mau ke mana?" sahut Disa "Mau ke kelas" jawabku "ikut,,ikut" kata Disa.
Nah kebetulan aku belum ngerjain PR dari tempat les. "No, PR,u udah selesai?" tanyaku "Yang mana to?" "alah yang di buku paket itu lho. Ayo ngerjain di dalem kelas wae. Di sini basah"
Pas di kelas, "Din, aku bentar lagi lulus yac ee,, mau tes ge harus ngulang dari yac 2 lagi. Aku wes lali kabeh materine. Mbok nek kamu ngerjain PR aku diajak, biar aku inget lagi." kata Disa "Iyo, ya udah sini! ajarin PR nya" "asyik" (udah kesenengen tu si Disa)
Eh tiba-tiba ada yang dateng. Mereka adalah Tia dan Eva. "Dari mana Ti?" "ada deeeh!". "Udah ngerjain PR belum?" tanyaku " Oh! iya belum" jawab Tia "Ya udah ayo bareng ngerjainnya" kataku. Selama beberapa menit aku, Tia sama Fano alias Fany (jadi daritadi yang tak sebut Fano itu adalah Fany) ngerjain PR, di bantu Disa tentunya. Pas aku ngeliat jam, busset! udah maen setengah empat aje. "No ayo berangkat! Udah setengah empat nih." kataku "Yo, ayo" jawab Fano, "Lhoo gitu! Aku ditinggal" sahut Tia, "Lha dari tadi tu kamu ngapain? malah pergi segala?" kataku sewot.
Beberapa detik kemudian, aku, Tia sama Fano berangkat ke tempat les. Pas ke depan sekolah bareng Eva, tapi terus misah sama Eva di pos satpam. Disa yang biasanya bareng berangkat ke tempat lesny Disa sendiri, kali ini nggak. Dia tadi malah ke kantin lagi. 
Aku, Tia sama Fano berangkat ke tempat lesnya jalan sambil ngobrol-ngobrol gitu. Kita jalan di trotoar (Ya iyalah! masa di tengah jalan? Mati aja lo!). Pas jalan, kita bertiga itu jalannya bertiga dalam arti jejer-jejer tiga orang. Pas jalan aku lihat ada lubang di deket got samping trotoar. Kalo cara jalannya kayak gini bisa ada yang masuk got nih, kataku dalam hati.Ya udah aku mundur, jadinya Tia jejeran sama Fano, aku ngikutin dibelakangnya. Tapi tetep aja ada sesuatu yang terjadi di samping tukang becak yang lagi duduk di becaknya. 
Tau nggak apa yang terjadi?? 
Yah yang terjadi adalah "KAKI KANANKU MASUK LUBANG DEKET GOT YANG DI SAMPING TROTOAR. Aji gilee,, kaget wae jalan enak-enak kok tiba-tiba ndlesep (bahasa mana yak ini) ke lubang. Tulang kering kaki kananku mbe'je'g (aduh opo meneh kuwi?) alias membentur. "Weh! Din, atiati to" katanya Tia kalo nggak Fano. "Haha, iya" jawabku sambil ketawa-ketawa. Pas aku liat kakiku yang ndlesep tadi, buju buneng!. " TI, BOLONG TI, BOLONG! "kataku jerat-jerit. "Hah? Apanya yang bolong?" tanya Tia, "Ini kakiku bolloooong Tiaa. Huwaa..waa..a.aa" udah ngrengek aja, nangis malah akunya. Lha kagak pernah begini sebelumnya. Bayangin wae, kaki yang tadinya mulus-mulus aja, sekarang jadi bolong kayak celengan (hah? kok iso celengan?).
"Waduh din! iya tuh. Bolong kakimu". Sumpah aku nggak berani liat lukaku sendiri. Dan tiba-tiba darah mengucur dari lukaku dengan segarnya (busset! kayak diisep drakula aja pake darah segar segala). Dan bodohnya kami bertiga, saat darah ngucur kami bertiga cuma mlongo ngelihat darah itu ngucur (heran kali ya ngelihat yang begituan?) tanpa ada tindakan nutupin itu luka. Dan beberapa detik kemudian kita baru nyadar kalo luka itu harus ditutup biar darahnya nggak keluar terus.
Tia langsung ngambil tisu dari dalem tas nya dan langsung dia tutupin ke lukaku, tapi tetep aja, nanti lama-lama juga nembus tisu tu darah.Selama beberapa detik kami berdiam, nggak tau harus ngapain. “ Din telpon ibumu aja suruh jemput” kata Tia “o iya “ (tentunya masih ngerengek aja akunya)  jawabku. “berapa din nomernya. Tak telponin” kata Fano “0856, eh 081 aja eh ganti 0856”. Buset, tuh Fano jadi bingung kali ye? Akhirnya aku nelpon sendiri minta jemput. 
“ Halo, om jemput” (kenapa om ku? Karena bapake lagi ngajar, nggak mungkin jemput dan ibuke di rumah yang pasti kalo jemput lelet bener) “ Dimana? Kenapa ini? “ om ku heran. “Jatuuh, cepeet jemput” jawabku “jatuh ngopo? Di tabrak opo jatuh dewe?” buju buneng ^di tabrak^ duh jangan sampe deh. “ itu tadi jatuh, masuk lubang got” “ Duh piye to! Ini kamu di mana? Mau di jemput di mana? “ “ Aku lagi di deket telkom. Di tempat les wae”.  
Dah deh aku minta jemput dan nggak jadi les (huweee eman-eman). Yah setelah nelpon tadi, pulsaku habis banyak (sempet-sempete mikirin pulsa). Selesai nelpon tiba-tiba ada yang dateng dari kejauhan. “Eh, sapa tuh? Kata Tia, “Eh itu Muna. Muna! Muna! Sini. Ni gimana?” Muna langsung nyamperin aku, waduh. “Ini gimana Mun, supaya darahnya berhenti? (lha kalo darah berhenti ya gua mati lah, darah kan harusnya ngalir. *iya gak sih?) aku Cuma punya tisu ini.” Kata Tia bingung. “ Waduh, aku cuma punya ini (sambil nunjukin kerudung di dalam tas nya” kata Muna “Tapi nggak papa tu Mun?” tanya Tia, “ Nggak papa. Ini juga udah jelek kok. Banyak nodanya”. Langsung deh Muna sama Tia iketin ke kakiku yang luka tadi.  
“Nah, aku duluan ya! Aku ada les ee!” kata Muna “Iya Muun, makasih ya! “ kata Tia. Dan Muna pun meninggalkan kami bertiga. Tapi sebentar, aku merasa ada yang kurang, apa ya??................... darah bukan, pulsa bukan, duit bukan, tia bukan, fano bukan, pacar bukan (lho? Kok nyasar ke pacar? Pacar aja kagak punye). Apa ya?? .........Oalah! Tukang Becak.
Mau tau nggak ada apa dengan tukang becaknya?.................. Tunggu setelah pesan-pesan berikut ini! (lho? Emangnya acara TV? Pake iklan segala) . Tukang becaknya cuma diem aja ngeliatin, aku, Tia sama Fano kelingkungan. Udah tau ada yang jatoh disebelahnya sampe darahnya ngucur begitu, bukannya nulungin malah pasang wajah santai banget. Buseet dah ni bapak, bener-bener dah. Tapi tiba-tiba ada bapak-bapak dateng “kenapa dek?” “ini pak, tadi jatuh”. Trus bapaknya pergi  (lha kok pergi?).
“ Eh Din ayo ke tempat les sekarang aja, disini hujan”. Aku dipapah sama Tia ke tempat les dengan kaki terpincang-pincang. Pas nyampe tikungan, eh ketemu lagi sama bapaknya yang tadi. “Ini dek pake hansaplast aja dari pada pake kainnya itu” kata bapaknya, “o, iya pak makasih. Nanti mau diganti di tempat les  aja” kata Tia.
Pas di tempat les aku duduk di terasnya. Pak satamnya tempat lesku, eh satpam maksudnya, sama yang jualan angkringan ngeliatin aku heran. Beh, bodo amat dah yang penting pingin cepet-cepet pulang. “ No, jagain Dina bentar ya. Aku mau ke dalem minta perban sama revanol” kata Tia, “ya” jawab Fano. 
Beberapa menit kemudian Tia dateng sambil bawa obat-obatan gitu. Beh, paling nggak pernah tu kalo luka kok diobatin, biasanya sih cuma tak diemin dan langsung sembuh. Gak pernah atau paling jarang yang namanya dikasih betadine kek, minol kek, revanol kek, alkohol kek, hansaplast kek (kakek-kakek aja sekalian). “Ini Din, di kasih revanol. Biar nggak infeksi! “ katanya Tia, “nggak, nggak mau”, “kok nggak mau? Ini nggak perih kok.” Kata Tia “iya Din, itu nggak perih kok” kata Fano, “ Nggak! Nggak mau. Aku nggak pernah pake begituan, biasanya juga tak diemin” kataku ngrengek-ngrengek (jelaslah, kaki masih cenat-cenut begitu). “ Di coba dulu din” kata Tia lagi “Nggak Mau Tia!” kataku agak bentak si Tia dikit. Dah pokoknya si Fano sama Tia udah kerepotan dah, harus ngapain, cuma bisa nungguin Om Is jemput aku.
“ Eh sebentar ya Din, aku mau ijinin kamu ke Mr. nya dulu” kata Tia sambil lari masuk “ Nggak usah Ti, nanti Mr. nya malah ke sini” kataku. Eh, si Tia maen nyelonong masuk aja. Dan bener apa yang kuduga, Tia balik sambil bareng guru lesku. Buju buneng, ni Tia sih dibilangin ngeyel, beneran dateng kan.
“kenapa Din? Gimana? Udah minta jemput belum?” kata guru lesku “Udah” jawabku. “ya udah, nanti kalo Dina udah dijemput, Fany sama Tia langsung masuk ya” kata guru lesku. 
Kemudian datanglah Om Is (yeee! (?) ). “ Kenopo? Kenopo? “ tanya Om Is, “Jatuu’uh” (jujur, ini sambil nangis tersedu-sedu ngomongnya), “trus kenapa kakiknya?” tanya Om Is lagi, “bolo’ong” jawabku “hah?” Om Is kaget sambil mbuka iketan krudungnya Muna tadi. Pas dibuka, aku nggak brani ngeliat. Dengan ekspresinya Om Is pas liat lukanya aja dah nggak ngenakin. Habis Om Is liat, langsung diiket lagi kakiku.
Dah deh, aku langsung pulang dan pamitan sama Fano sama Tia sambil ngucapin makasih.
Di jalan aku masih ngrengek-ngrengek gara-gara lukanya kena angin yang kenceng. Habisnya Om Is nyetir  motornya ngebut. Nggak sabaran nganterin ke klinik. 
Pas nyampe Klinik, aku langsung diperiksa sama mbak petugas kliniknya. “ Ini tadi kenapa?” tanya mbaknya “ jatuh, terus kakinya itu agak sobek” jawab Om Is. Langsung deh iketannya di buka sama mbaknya. “ Wah iya e, ini agak dalem”. HAH? SEGITUNYA YA?. “ Harus dijahit ini dek”. Waduh dijahit, main jerit wae aku. “ Waa,, nggak mau”. Aku langsung minta pulang sama Om Is begitu denger kata “HARUS DIJAHIT”, piye kuwi rasane?. 
Di dalem pikiranku udah kebayang nanti dokternya pake jarum terus ditusukin ke kakiku habis itu njahit kakiku, dan rasanya pasti sakit banget. “ Pak, mendingan di bawa ke ruang (operasi, eh bukan, osilasi, bukan juga pokoknya ke ruangan deh) di sebelah ya Pak, di gendong aja adeknya” kata mbaknya.
Aku di bawa ke  ruang sebelah. Dan di ruangan itu aku ngeliat macem-macem alat-alat dokter. Mulai dari stetoskop, tabung oksigen, GUNTING, JARUM SUNTIK, CAPIT atau mboh lah opo jenenge dan lain-lain. Pokoknya kayak yang di TV TV yang alat-alat untuk operasi. Wuaaaaaaaa,, udah makin jikrang-jikrang wae aku, saking wedine. Padahal pingine sih iso dadi dokter, tapi weruh koyo ngono wae wes ra kuat. Duh Diiin,, piye to kowe ki?
“Pak ditunggu sebentar ya, dokternya masih di jalan menuju ke sini” kata mbaknya. Kebetulan dokter yang sebelumnya baru aja pulang, dan dokter yang selanjutnya belum sampe di klinik, jadinya yah ada selang waktu lah sebelum nantinya aku MUNGKIN bakal jerat-jerit.
Dalam keadaaan kayak gini, bisa-bisanya aja Om Is ngajak bercanda. Di ruangan itu kan ada jendela yang kebuka dan kebetulan mbaknya lagi ke luar ruangan, “Din, din. Daa bek!” kata Om Is sambil kakinya yang sebelah keluar bagaikan orang mau kabur, “Hooo,, om ra ngono to. Nek arep mulih ki ajak-ajak. Aku ra di tinggal” .. “ehaha,, “ Om Is ngakak. Behh,,malah ngakak, tapi ya itu uniknya Om ku, mesti isa gawe aku gregetan.
“Om ayo mulih”, “yo ra iso. Hurung dijahit og” kata Om Is. Eh tiba-tiba mbaknya dateng. “Eh dek, jangan pulang dulu. Di jahit dulu baru pulang” kata mbaknya, “nggak usah mbak, trimakasih” jawabku “lho, milih mana? Dijahit sekarang apa nyesel besok pas gede? Nanti to dek kalo nggak dijahit nggak sembuh-sembuh, nanti juga bisa infeksi, terus keluar nanahnya” kata mbaknya.  Wuidih serem amat yak keluar nanahnya. 
Ya wes lah, manut wae aku dijahit, pas mbaknya keluar ngajak Om Is buat ngurusin pendaftaranku sebagai pasien baru diklinik itu, aku iseng-iseng sms temen. Pertama aku sms Disa nanya kalo di jahit itu sakit nggak tapi sama si Disa nggak dibales trus sms lagi ke yg lain tanyanya juga sama kalo dijahit itu sakit apa nggak. Eh ada yang bales kalo dijahit tu sakit. Duh bener-bener deh, jadi tambah takut aku.
Beberapa menit kemudian ada suara mobil dateng. “Ha! Kae Din.Doktere teko” kata Om Is, “Nah, ayo om. Mulih om. Muliiih!” kataku ngajak pulang. 
Jeng,,jeng..jeng..jeng Dokternya masuk ruangan dimana aku lagi tiduran. ´Kenapa ini? Jatuh?” tanya dokternya. “ Iya Dokter, ini tadi jatuh terus kok kakinya ini agak sobek atau gimana ini” jawab Om Is. “Mbak tolong bantu saya” kata dokternya ke mbaknya.
“Om ayo pula..aang” kataku bisik-bisik ke Om Is “ Oo,, tidak bisa. Dijahit dulu” kata Om Is. Dan saat itu dokternya megang suntikan, wuadaaaw “oom,, kuwi opo?” tanyaku dengan nada ngeri “ Suntikan. Kuwi arep di bius men pas di jahit ra loro” jawab Om Is. “Haa,, le njahit nganggo opo? “ tanyaku “nganggo mesin jahit sing diputer kae lho” jawab Om Is guyon “ haa..aa” “Yo oralah, nganggo jarum” jawab Om Is lagi, “lha mosok mengko di cubleske neng sikilku?” tanyaku lagi “ lha iyolah, nek ra ngono njuk piye le njahit?”. Huwaaaa! Kakiku kan bukan kain yang mau dijahit :’( .
“ Wes, merem wae nek wedi. Ra sah ndelok” kata Om Is. Ya sudaah. Aku merem sajalah.  Beberapa detik kemudian *jusszz* jarum suntik sukses di tusukkan ke kakiku . Biasanya ni ya, kalo orang yang takut, pasti bagian yang mau di suntik langsung tegang. Aku bayangin kalo kaki kananku ini ya yang mau disuntik itu tegang, pasti malah tambah sakit, jadinya tak balik wae,yang tak tegangin seolah-olah takut malah kaki kiriku. Begitu seterusnya bakal tak lakuin sampai selesai di jahit. 

Selesai kakiku di suntik bius, kaki kananku rasanya langsung keram, terus nggak berasa. Kalo di cubit nggak kerasa sakit ( ya iyalah! Kan udah di bius), . Setelah itu mulailah proses penjahitan. Ingat, bukan penjahitan baju lho,, penjahitan luka kakiku maksudnya
Selama kakiku dijahit, aku pingin bener-bener nggak kerasa di jahit. Jadi sambil dokternya njahit kakiku aku ngajak ngobrol dokternya. 

Ini yang aku obrolin:
“Dokter! Nanti pas di jahit sakit nggak?”
“Nggak!”
“Njahitnya pake apa dokter?”
“Ya pake jarum sama benang”
“Nanti pas jarumnya ditujlepin ke kaki sakit nggak dokter?”
“Nggak kok! Makanya nggak usah nangis” (Ya, secara dari tadi aku ngrengek-ngrengek minta pulang wae)
“Tapi kan nangis itu sehat dokter!” Di sela-sela aku ngajak ngobrol, eh aku denger suara *jleb*. Wuh! Mantaaab. Itu pasti suara jarum di masukin dan aku juga emang sedikit ngerasa.
“Kata siapa? Masak nangis kok sehat?”
“Kan kalo nangis di matanya ada air matanya dokter. Jadinya matanya nggak kering”
“Ah! Ya nggak. Dengan kamu berkedip mata kamu itu sudah sehat. Sudah ada air matanya”
“oo,, gitu ya dokter!” Oke, proses penjahitan belum selesai dan aku kehabisan kata-kata untuk ngajak ngobrol dokternya.
“Udah selesai belum dokter?”
“Belum”
“Emang dijahit berapa dokter?”
“Kalau nggak dua ya tiga” Tiba-tiba *krek*. Waduh suara apa tu ya? Aku sendiri sih nggak tau, tapi dalam pikiranku paling itu suara benang yang dipotong (iya nggak sih?).
“Dokter, nanti kalau sudah selesai dijahit, sembuhnya berapa lama dokter?”
“Nggak lama kok, Cuma sebentar”
“Satu bulan?”
“Nggak nyampe. Paling juga cuma seminggu”
“Ooo. Nanti kalau sudah seminggu, sudah bisa lari-lari lagi dokter?”
“Iya. Sudah sembuh nanti kakinya”
Yah sekiranya sampai situ saja percakapan saya dengan Pak Dokternya. Karena saat itu juga kaki saya selesai dijahit.
“Om, itu dah selesai belum” “udah”. “Dek, ini mau lihat jahitannya nggak?” Tanya dokternya. “Nggak usah” kataku, “Bener? Sebelum ditutup perban ini”. Akhirnya aku liat jahitanku. Beeeeh, di jahit 2 tapi kok beneangnya kayak kawat ya?. Ah, masa bodo, yang penting udah selesai dijahit. Tapi saya tetep aja masih harus berurusan sama klinik ini. 4 hari lagi harus kesini buat ngelepas jahitannya.



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.